Mengenal Lebih Jauh Tentang Capital Expenditure

Di dalam sebuah bisnis ada beberapa dana yang perlu dikeluarkan sebagai biaya untuk merawat ataupun mengurus bisnis tersebut. Ada yang dalam bentuk jangka panjang, dan ada juga yang dalam jangka pendek.

Salah satunya adalah capital expenditure yang sebenarnya sudah banyak digunakan oleh perusahaan, namun banyak orang awam maupun pengusaha pemula yang belum mengetahuinya.

Pengertian Capital Expenditure

Biasanya kas ini disebut dengan jalur pengeluaran dan juga pemasukan. Untuk pengeluaran sendiri ada dua jenisnya yakni opex, dan capex. Kali ini yang akan dibahas seputar capex atau capital expenditure. Untuk CAPEX ini adalah pengeluaran yang dikeluarkan oleh perusahaan terkait biaya untuk membeli, merawat, memperbaiki aset dalam jangka waktu yang lama.

Semua pengeluaran tersebut digunakan untuk keberlangsungan perusahaan dalam jangka panjang. Ini juga bisa berupa aset yang di dalamnya terdiri seperti peralatan, properti, mesin, dan lain sebagainya. Hal yang menjadi pembeda utama antara CAPEX, dan OPEX (operating expenses) adalah pengeluarannya. Dimana pengeluaran opex biasanya dilakukan sehari-hari sebagai biaya harian dari perusahaan tersebut.

Jenis-Jenis yang Ada

Ada dua kategori yang menjadi pembeda dari CAPEX ini. Pertama adalah berdasarkan kegunaan atau penggunaannya, kedua berdasarkan jenis asetnya. Berdasarkan kegunaannya capex ini ada yang berfungsi sebagai pendukung dari kegiatan operasional perusahaan. Lalu ada juga yang berfungsi untuk menaikkan atau meningkatkan keuntungan dan kinerja dari perusahaan tersebut.

Berdasarkan jenis asetnya lagi-lagi CAPEX ini dibagi menjadi dua. Pertama adalah aset yang berbentuk atau mempunyai wujud sehingga bisa dilihat, dan dipegang. Seperti mesin, bangunan, kendaraan operasional, dan lain-lain. Lalu aset yang tidak memiliki wujud seperti saham, hak lisensi, ataupun hak paten. Meskipun begitu sifat kedua jenis ini tetap menguntungkan, karena bisa dijual sewaktu-waktu.

Kegunaan

Capex ini merupakan aliran pengeluaran dari perusahaan. Karenanya penting untuk selalu memperhitungkannya. Karena ternyata dengan memperhitungkan capex dapat memberikan banyak kegunaan terhadap perusahaan tersebut. Salah satunya bisa mengetahui seberapa banyak aset yang dimiliki, serta bisa untuk digunakan. Selain itu ada juga keuntungan lainnya seperti berikut ini.

1. Perusahaan Mendapat Keuntungan yang Lebih Besar

Pertama adalah perusahaan bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Meskipun pembelian capex ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, tapi perusahaan yang capex nya dibutuhkan lebih besar, maka bisa dipastikan keuntungan dari perusahaan tersebut akan lebih besar. Ini sesuai dengan pernyataan terkait pengertiannya dan juga jenis dari capex ini.

2. Kegiatan Operasional Akan Berjalan Dengan Baik

Pembelian terhadap capex ini memang memerlukan pertimbangan yang matang. Tapi, jika pengeluaran dan perawatan terhadap aset ini baik, maka akan menghasilkan proses investasi yang baik juga untuk perusahaan. Karenanya penting untuk membeli capex ini agar kegiatan perusahaan seperti pembelian, perawatan, dan pemeliharaan bisa berjalan dengan baik sesuai dan lancar.

3. Mengetahui Nilai Aset Perusahaan

Nilai aset terkadang bisa mengalami penurunan ataupun penaikan yang tidak terlalu stabil, sesaat aset tersebut sudah menjadi hak milik perusahaan. Karenanya perusahaan penting untuk selalu mencatat nilai CAPEX agar bisa memantau dan mengetahui nilai aset dari perusahaan. Sehingga bisa mengambil tindakan tepat apabila terjadi pergolakan yang cukup parah pada aset yang dimiliki.

Itulah tadi sekilas tentang capital expenditure sekaligus kegunaan dari menghitung capex tersebut. Selain untuk meningkatkan keuntungan perusahaan, capex juga bisa memberikan perhitungan yang tepat terhadap aset yang dimiliki. Lalu dengan capex pembelian, perawatan, dan perbaikan aset perusahaan dapat dilakukan dengan cepat. Sehingga bisa dibilang bahwa capex ini memiliki peran yang sangat vital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *